Menghitung Emisi Karbon di sekolah ? Kok bisa? yuk kita simak …

Iskol melakukan kunjungan kembali di salah satu sekolah negeri di Tangerang. Kunjungannya kali ini tak kalah seru seperti kunjungan di Bogor. Pada tanggal 23 Januari 2020, SDN Pondok Bahar 3 Tangerang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program Organic Eco Edu. Kategori tema yang disampaikan adalah tentang Carbon. Kegiatan ini berlangsung selama tiga jam

2

Pada sesi pertama, perserta dijelaskan mengenai Carbon Footprint (CFP) kemudian peserta mulai mengamati sumber – sumber karbon pada kegiatan sehari – hari. Selain itu, peserta diminta untuk mengamati sumber karbon yang ada di sekolah kemudian menghitungnya. Hasil perhitungan CFP akan menjadi acuan berapa banyak pohon yang harus ditanam di sekolah agar sekolah memiliki predikat zero carbon. Seru yaa ..

Setelah cukup serius melakukan pengamatan, peserta diajak bermain Eco Games dengan tema karbon. Tak kalah seru dengan kegiatan awal, pada eco games ini pengetahuan, afektif dan psikomotorik peserta diasah tentang sumber Carbon Footprint dan kegiatan apa saja yang dapat mengurangi emisi karbon.